Luar Biasa, Dukungan untuk Adam-Sutoyo dari Wilayah Ekstrans Mendominasi

KUANSING|MediatorPost.com– Luar biasa. Dua pekan kampanye, arus dukungan untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Dr Adam SH MH dan H Sutoyo SH di kawasan ektrans kian mendominasi. Hal ini terlihat ramainya warga yang bergabung menjadi Tim Pemenangan di setiap wilayah saat pelantikan. Baik di ektrans Singingi Hilir, Singingi, Logas Tanah Darat dan Sentajo Raya.

Terakhir, Sabtu malam (12/10/2024) kemarin. Meski hujan, tanpa adanya mendatangkan artis ternama, warga yang menjadi Tim AYO di ektrans Sentajo Raya yang terdiri dari Marsawa, Geringging Baru, Geringging Jaya, Muara Langsat dan Langsat Hulu antusias memadati lapangan Sepakbola di Desa Marsawa, Sentajo Raya.

Bacaan Lainnya

Dan begitupula di kawasan ektrans Singingi dan Singingi Hilir. Warga dengan tulus dan ikhlas tanpa ada ancaman, tekanan dan gertakan terhadap penerima PKH dan BPNT, mereka siap berjuang memenangkan AYO. Apalagi, H Sutoyo adalah satu-satunya putra terbaik dari kecamatan tersebut yang maju sebagai Calon Wakil Bupati Kuansing.

Sebelumnya, di kawasan ektrans tempat kandidat lain. Warga juga berbondong-bondong menjadi Tim Pemenangan AYO di Lapangan Sepakbola Sukaraja, Logas Tanah Darat. Mereka mengklaim tidak ada pembangunan yang dirasakan selama ini. Sehingga mereka masih mengenang jasa kebaikan Bupati Sukarmis.

“Ini semakin menguatkan anggapan semua pihak, bahwa secara geopolitik atau wilayah basis dukungan politik, Adam-Sutoyo ini unggul dari yang lain. Inilah alasan kami dari PAN mendukung AYO. Karema peluang menangnya besar. Apalagi wilayah ektrans ini mereka terlihat sekali mendominasi. Karena warga ektrans di manapun masih menghargai jasa orang yang telah berjasa terhadap negerinya. Yakninya Pak Sukarmis,” kata Wakil Ketua Tim Pemenangan AYO Komperensi SP MSi dalam orasinya. Termasuk di Marsawa, Sabtu malam kemarin.

Salah satu yang dikeluhkan masyarakat di ektrans adalah jalannya kian hancur. Dalam kurun 10 terakhir, diakui Tokoh Masyarakat Sentajo Raya atas, Ngajuri, bahwa tidak ada pembangunan yang dirasakan masyarakat. Dan terkesan, wilayah ektrans di semua wilayah dianak-tirikan.

“Kami masih ingat jasa Pak Sukarmis. Bangunan yang ada, masih bangunan beliau. Sekarang, ada anaknya yang maju. Ayo kita pilih dan dukung. Semuanya,” ajak Ngajuri.

Antusiasme warga ektrans menjadi tim pemenangan AYO ini sejalan dengan salahsatu program prioritas pasangan Adam-Sutoyo. Yakninya akan melaksanakan pengaspalan jalan poros sepanjang 150 kilometer. Dan menyediakan satu set alat berat untuk setiap kecamatan agar tidak ada lagi warga mengeluhkan jalan berlobang dan rusak parah.

“Kami masih ingat. Jalan terakhir diperbaiki dan di aspal pada zaman Pak Sukarmis menjadi Bupati dulu. Dan saat ini tidak ada sama sekali pembangunan. Jalan kami sudah sangat hancur dan tak layak,” tuturnya Oberlin Manurung, anggota DPRD Kuansing saat pengukuhan tim AYO di Simpang Raya, Singingi Hilir.

Senada dengan itu, saat kampanye di Desa Suka Damai Singingi Hilir. Tokoh Masyarakat Imam Suroyo yang juga mantan Kades Sungai Buluh mengatakan, kesiapannya untuk menjadi bagian dari pemenangan paslon AYO.

“Saya tua-tua gini masih saja di awasi keluar rumah. Gerak saya diikuti. Jadi tanggung-tanggung basah langsung aja lah kita nyemplung sekalian demi untuk kemanangan Adam-Sutoyo,” ungkapnya.

Masih kata Imam Suroyo, dirinya masih ingat bagaiamana dulu memperjuangkan daerah ekstrans di kecamatan Singingi Hilir hingga setara dengan seluruh desa yang ada di Kuansing.

Karena semuanya, kata Imam Suroyo tak terlepas dari perjuangan Bupati Kuansing H Sukarmis. Sebab itu, Imam Suroyo yakin ditangan Adam-Sutoyo khususnya daerah ekstrans akan kembali berjaya sama seperti di zaman Pak Sukarmis.

“Kita semua harus yakin, bahwa paslon Adam-Sutoyo akan melanjutkan pembangunan yang sempat tertunda. Khususnya untuk daerah kita, wilayah ekstrans,” terangnya.

Selain mendominasi di kawasan ektrans, AYO juga memiliki basis massa di Sentajo Raya, Kuantan Tengah. Kawasan ini merupakan tempat domisilinya Dr Adam. Ditambahlagi, Pangean, LTD, Cerenti, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang merupakan dapilnya Adam saat Pemilu 2014 dan 2019 yang mengantarkannya menjadi Ketua DPRD Kuansing.

“Ditambah dengan Kuantan Mudik, Pucuk Rantau, Hulu Kuantan. Warga di wilayah ini sangat tahu membalas jasa dan punya hubungan emosional dengan Pak Sukarmis. Jadi, Insya Allah, tidak ada keraguan lagi bagi kita untuk AYO ini. Kita semua yakin menang. Aamiin,” sambung mantan anggota DPRD Riau Mardianto Manan dalam orasi saat pengukuhan tim AYO Pangean, belum lama ini.(rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *